Cara Merawat Bibir Pecah

Bibir pecah-pecah, kering, atau luka biasa terjadi saat cuaca kering dan dingin. Bibir yang kering secara kronis bisa jadi merupakan gejala penyakit yang lebih serius, namun bibir yang pecah-pecah biasanya ditangani menggunakan pengobatan rumahan. Lihatlah Langkah 1 dan seterusnya di bawah ini untuk mempelajari cara merawat bibir agar lembut dan kenyal kembali.

Minumlah air putih yang banyak. Minum 8-10 gelas air putih setiap hari adalah langkah yang ideal. Ketika tubuh dehidrasi, maka tanda yang pertama terlihat adalah di bibir. Semakin banyak minum air putih, maka semakin baik!

Jangan menjilati atau menggigiti bibir. Dua kebiasaan ini bisa membuat bibir menjadi lebih kering dan memicu infeksi atau luka lepuh dingin. Ketika bibir pecah-pecah, hindari keinginan untuk menjilatinya terus-menerus atau menggigitnya.

Lakukan pengelupasan pada bibir. Sebelum membubuhkan salep apapun, hilangkan sel kulit mati dengan cara pengelupasan. Pengelupasan akan membuat kulit bibir menjadi segar dan bibir menjadi pulih. Jangan gosok bibir terlalu keras sehingga akibatnya bisa bertambah buruk. Gosok bibir dengan lembut. Anda bisa melakukan pengelupasan pada bibir dengan menggunakan bahan yang sama untuk mengelupas tubuh. Cobalah salah satu dari bahan-bahan berikut ini:

    Gunakan ramuan pengelupasan dari garam atau gula pasir. Bubuhkan ramuan tersebut pada bibir dan gosoklah dengan gerakan memutar, untuk menghilangkan sel kulit mati. Bibir Anda akan terasa lembut dan segar kembali.
    Gunakan sikat untuk pengelupasan. Sikat yang paling mudah untuk digunakan adalah sikat gigi! Pastikan sikat gigi itu bersih. Sikat gigi yang bentuknya kecil juga bisa digunakan. Gosokkan pada bibir dengan gerakan memutar untuk menyingkirkan sel kulit mati.
    Jangan gunakan sabun khusus untuk pengelupasan. Sabun wajah yang mengandung butiran scrub dan sabun khusus untuk pengelupasan akan membuat bibir bertambah kering.

Bubuhkan salep. Hati-hati dengan salep yang dijual bebas atau chapstick (pelembab khusus untuk bibir pecah-pecah) yang Anda gunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Banyak chapstick dan salep yang mengandung bahan-bahan yang akan membuat bibir bertambah kering, sehingga Anda harus berulangkali membubuhkannya.

    Carilah pelembap bibir atau chapstick yang mengandung lilin lebah, shea butter, minyak almond, dan pelembap alami, dan tidak ditambah bahan-bahan lain. Jangan memilih pelembap bibir yang mengandung bahan-bahan yang sangat banyak dan tidak bisa Anda sebutkan.
    Salep yang dengan bahan dasar vitamin E atau gliserin yang mengandung bahan-bahan alami juga bisa membantu.[1]
    Jika ingin melembapkan bibir, hindari penggunaan lipstik. Lipstik bisa membuat bibir kering. Anda perlu membubuhkan pelembab sebelum menggunakan lipstik.

Bubuhkan minyak. Untuk perawatan bibir dengan kelembapan ekstra, gosokkan sedikit minyak pada lipstik. Minyak akan meredakan rasa sakit dan melempabkan bibir sekaligus juga mencegah pecah-pecah. Minyak-minyak berikut ini bisa membantu meredakan bibir:

    Minyak kelapa
    Minyak almond
    Minyak jojoba
    Minyak zaitun

Redakan rasa perih pada bibir. Jika bibir Anda yang pecah-pecah keadaannya sangat parah sehingga terasa sakit saat tersenyum, redakan dengan pengobatan rumahan sehingga tidak terasa perih lagi. Inilah beberapa saran untuk meredakannya:

    Menggosokkan irisan mentimun pada bibir selama 10 menit setiap hari juga diketahui sebagai cara yang efektif.
    Menggosokkan lidah buaya pada bibir bisa meredakan rasa sakit.
    Menggosokkan sedikit madu pada bibir akan melembapkan dan membuat bibir terasa lebih baik.

Hindari penggunaan produk perawatan kulit secara berlebihan. Ini termasuk kosmetik dan pelembap bibir yang mengandung rasa. Produk-produk ini bisa membuat bibir menjadi kering.

Pertimbangkan diet Anda. Tingkatkan jumlah vitamin yang diperlukan dalam diet Anda dengan cara makan lebih baik atau mengonsumsi suplemen seperti pil vitamin.

Gunakan pasta gigi bebas fluorida. Sebagian orang mengalami alergi terhadap fluorida yang tidak hanya mempengaruhi bibir namun juga menyebabkan iritasi pada mulut. Gantilah pasta gigi Anda dan lihatlah apakah ada perubahannya.

Gunakan humidifier (alat untuk meningkatkan kelembapan di dalam ruangan) di rumah atau kantor. Ruang di dalam rumah yang diberi pemanas saat musim dingin menyebabkan udara menjadi kering. Cobalah pasang sebuah humidifier. Alat ini melembapkan udara di dalam ruangan sehingga bibir juga menjadi lembap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar